7 Pertanyaan Seputar Pelatihan di BLK

Assalamu'alaikum teman-teman semua. Kembali lagi di Sabrina's blog. Kali ini aku akan berbagi informasi seputar pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja) Solo. Fyi, bulan April ini aku baru saja menyelesaikan pelatihan di BLK Solo dengan jurusan Pengelola Administrasi Perkantoran (PAP). Informasi yang akan aku bagikan dalam bentuk Q&A dan berdasarkan pengalamanku mengikuti pelatihan di masa pandemi. Karena, ada kemungkinan beda kota akan berbeda juga prosedur, kebijakan, dll nya yaa. So, let's check it out and happy reading😊.

Q: Apa saja proses yang harus dilalui dari pendaftaran sampai diterima?

A: Yang pertama dan terpenting adalah kalian harus membuat akun di Sisnaker atau di websitenya kemnaker. Setelah membuat akun, kalian harus melakukan pendaftaran pelatihan di BLK sesuai jurusan yang kalian pilih, biasanya akan ada link pendaftaran dari pihak penyelenggara BLK. Apabila kalian lolos di tahap pertama ini. Kalian akan lanjut untuk tes tertulis. Jika lolos, lanjut lagi di tahap tes wawancara. Setelah itu, akan ada pengumuman diterima atau tidaknya sebagai peserta pelatihan. Aku sarankan, kalian follow akun instagramnya BLK. Karena disitu ada informasi pembukaan pendaftaran beserta tanggal jadwal tesnya. Untuk  BLK Solo, akun instagramnya adalah @blk_solo.

Q: Materi tes tertulis apa aja?

A: Untuk tes tertulis ada 2 jenis soal keduanya menggunakan sistem pilihan ganda. Yang pertama materi tentang jurusan yang kamu pilih. Kalau di jurusan PAP contoh soalnya seperti berikut:

Alat yang digunakan untuk mencetak dokumen disebut:

a. Perforator

b. Printer

c. Stapler

Yang kedua materi umum, contoh soalnya seperti di bawah ini:

Apabila jam masuk kantor adalah pukul 08.00, dan waktu yang dibutuhkan dari rumah ke kantor adalah 45 menit. Maka, sebaiknya kamu berangkat dari rumah pukul?

a. 07.30

b. 07.15

c. 07.00

Kira-kira contoh soalnya seperti itu, mudah kan?👍

Q: Apa saja pertanyaan yang diajukan saat tes wawancara?

A: Untuk tes wawancara tidak terlalu sulit yaa. Kurang lebih yang ditanyakan saat wawancara adalah tentang data diri, latar belakang pendidikan, alasan mengikuti pelatihan, komitmen untuk menyelesaikan pelatihan, dan rencana ke depan setelah selesai pelatihan. Tipsnya adalah jawab dengan jujur, yakin, dan komunikatif👌.

Q: Berapa lama pelatihannya?

A: Lama pelatihan tiap jurusan berbeda-beda ya. Kalau di jurusanku selama 2 bulan.

Q: Apa saja kegiatan selama pelatihan?

A: Selama pelatihan Instruktur akan memberikan pelatihan berupa teori dan praktik sesuai dengan jurusan yang kalian pilih. Kalau di PAP, kompetensi yang diajarkan antara lain yaitu: cara membuat dokumen, membuat presentasi, memproses surat masuk dan surat keluar, pengelolaan kas kecil, menggunakan berbagai alat perkantoran (faximile, telepon, mesin fotocopy, dll), dan masih banyak lagi.

Q: Apa saja fasilitas yang didapat?

A: Kurang lebih fasilitas yang didapat adalah seragam, alat tulis, makan siang, uang transportasi, modul pembelajaran, dan sertifikat. Mengikuti pelatihan di BLK gratis yaa, jadi kalian tidak keluar uang sama sekali😁.

Q: Apakah ada OJT (On the Job Training)?

A: Biasanya ada, namun dikarenakan aku mengikuti pelatihan di masa pandemi. Jadi,  untuk OJT ditiadakan😢.

Naah, kurang lebih itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dan sudah aku jawab sepengetahuan aku yaa. Kalau kalian merasa perlu menambah skill untuk memasuki dunia kerja, aku sarankan kalian ikut pelatihan di BLK😊. Mohon maaf apabila ada salah kata, semoga bermanfaat dan see you👋.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setelah "Sebelum Pagi"

BTS [Behind The Scenes] Wisuda TPQ SUBULUSSALAM 2018